Jumat, 18 November 2016

Macam-macam Ikan Cupang Hias yang Banyak Dipelihara

Ikan cupang adl ikan hias air tawar yg berasal dr negara Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Ikan ini mempunyai karakter yg unik dan cendrung agresif dlm mempertahankan dirinya. Di kalangan pr pecinta ikan cupang, ikan ini dibagi mjd jenis jenis ikan cupang antara lain: ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar.


Ikan Cupang Hias

Ikan cupang hias adalah koloni ikan cupang yg paling banyak dipelihara oleh pr pecinta ikan hias. Hal ini disebabkan koloni ikan cupang ini mempunyai keindahan warna dan sirip ekor. Hal tersebut tdk ditemukan dlm koloni ikan cupang aduan dan ikan cupang liar. Karena banyak orang yg memelihara koloni ikan ini, maka pr breeder berlomba-lomba untuk mengembangbiakan dan melakukan persilangan dg jenis ikan lainnya untuk mendapatkan hasil yg indah dan beragam. Saat ini terdapat lima jenis ikan cupang hias, antara lain:

Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon adalah jenis ikan cupang hias yg mempunyai ekor dan sirip yg terlihat spt menyatu membentuk setengah lingkaran. Ekor ikan ini berbentuk spt bulan setengah jika dilihat dr samping. Warna yg dimiliki ikan halfmoon sgt beragam mulai dr warna kuning, merah menyala, dan lainnya. Perpaduan warna dan ekor yg cantik mjdkan jenis ikan ini banyak penggemarnya.

Crown Tail (Serit)

Kita bs sedikit bangga karena ikan cupang serit adalah jenis cupang hias hasil silangan pr breeder Indonesia. Jenis ikan ini mjd sgt terkenal karena ikan ini mempunyai keindahan pada ekornya. Ekor cupang serit terlihat spt mahkota jika dibalik menghadap keatas. Ikan ini mempunyai bentuk sirip yg berbeda dg jenis lainnya. Sekilas dilihat, sirip ikan in terlihat spt layar robek.

yg termasuk dlm jenis cupang serit adl ikan cupang yg mempunyai dua atau lebih tulang serit. Selain itu, ikan cupang serit juga mempunyai selaput diantara tulang serit.

Plakat (Petarung)

Ikan cupang plakat adalah jenis ikan cupang yg berasal dr Thailand. Jenis ini hasil dr persilangan ikan cupang liar dg ikan cupang aduan. Oleh karena itu, jenis ikan ini dinamakan ikan cupang plakat (bahasa Thailand) yg jika diartikan dlm bahasa Indonesia adl tarung atau aduan.

Ikan cupang plakat mempunyai sirip dan ekor yg pendek. Bentuk sirip ini memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakannya pun tdk terlalu anggun. Sehingga, ikan ini terlihat spt jenis ikan cupang petarung. Namun, warna dan bentuk sisiknya jauh lebih indah jika dibandingkan dg ikan cupang petarung. Selain itu, jenis cupang ini akan mengembangkan siripnya hingga melebihi 180 derajat jika merasa terganggu. Maka dr itu, jenis ikan cupang ini lebih mengarah ke ikan cupang hias.

Dauble Tail (Cagak)

Ikan cupang double tail adl jenis ikan cupang yg mempunyai dua sirip ekor atau ekornya terbelah mjd dua. Setiap ekor mempunyai ukuran yg sama besar dan sama lebar. Selain itu, jenis ikan ini juga mempunyai pangkal sirip punggung dan sirip anal yg sama panjang. Jika semua sirip cupang double tail ini mengembang sempurna, maka kesatuan sirip tersebut akan membentuk lingkaran utuh.

Jenis cupang ini termasuk dlm cupang yg langka. Hal ini disebabkan tingkat keberhasilan untuk mendapatkan cupang yg sempurna sgt rendah. Oleh karena itu, jenis ikan in jarang diadakan lomba karena keterbatasan peserta.

Giant (Raksasa)

Jenis ikan cupang giant adalah hasil dr pengembangbiakan pr breeder Thailand. Ukuran jenis ikan ini termasuk yg paling besar dibandingkan dg jenis cupang lainnya. Ukuran paling besar ikan ini mencapai 12 cm. Jenis cupang ini adalah hasil dr perkawinan silang antara ikan cupang plakat dg ikan cupang lainnya.

Ikan Cupang Aduan

Jenis ikan ini biasa digunakan sebagai ikan cupang aduan. Hal ini disebabkan ikan cupang ini mempunyai tipe petarung. Ciri-ciri tersebut adl badannya lebih ramping dibandingkan cupang hias, sisiknya kecil-kecil dan tebal, bentuk jidatnya spt ikan arwana, jari-jari sirip ekor harus rapat, dan jika diperhatikan, terdapat ckungan dr ujung badan sampai perut.

Ikan Cupang Liar

Semua jenis ikan cupang pada dasarnya berasal dr ikan cupang liar. Namun, Karena ikan ini mempunyai warna dan sisik yg indah, banyak orang yg berlomba-lomba untuk membudidayakan dan dikawinkan (persilangan) dg jenis ikan lainnya. Hasil dr persilangan tersebut menghasilkan jenis cupang yg sgt beragam dan jauh lebih indah dr yg sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar